Breaking News

About

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi, siang, sore dan malam teman-teman semua. Perkenalkan nama saya Wahyu Sumprabowo Hardi, pria berbadan besar yang sekaligus pemilik dan pengelola situs yang luar biasa ini, hehehehe. Lihat photo saya berikut ini: 

belajar-bisnis-net

“Jijik ya? Sama, saya juga jijik.. gayanya itu lho.. lebay banget!! tapi saya perlu menunjukan photo ini, agar Anda percaya bahwa saya benar-benar berbadan besar. By the way ada yang punya obat diet? hehehehe”   

Sesuai dengan namanya “belajarbisnis.net” situs ini tentu tidak akan mengajarkan Anda cara memasak rendang atau menata rambut. Tapi, situs ini bisa mengajarkan kepada Anda, membagun bisnis restoran padang atau salon rambut secara baik dan benar.

Melalui situs ini, Anda dan saya bisa belajar berbagai macam ilmu bisnis secara bersama-sama, karena nama belajarbisnis[.]net saya pilih bukan saja karena domain belajarbisnis[.]com sudah dibeli sama domain hunter yang menyebalkan, tapi juga sebagai media saya untuk belajar bisnis.

Jadi, Kalau Anda ingin berbagi ilmu bisnis, pengalaman bisnis dan hal lainya yang positif, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi. Anda bisa melakukanya dengan berkunjung di halaman contact situs ini. Saya akan sangat senang sekali karena saya sadar, saya bukan seorang motivator dengan segudang salam supernya itu, ataupun orang yang lebih hebat dari Anda.

Saya hanyalah orang kecil tapi berbadan besar yang mencoba untuk belajar dari masa lalu saya yang penuh dengan kegagalan. Semua bisnis yang saya bangun hancur dan tidak berwujud. Saya merugi dengan jumlah yang sangat banyak. Rumah, mobil dan tabungan saya menghilang dan tak kembali seperti bang toyip yang gak pulang-pulang. Saya benar-benar menjadi manusia bodoh yang hampir putus asa waktu itu. 

Saya hanya ingin menjadi sukses!!, hingga keinginan itu membangunkan kesadaran bahwa saya adalah pemimpi yang sempurna. Saya akan sulit sukses, kalau tidak belajar. Rasa ingin saja tidak akan membuat saya sukses! Saya harus berkomitmen!! dan terus berkomitmen!! untuk mengambil tindakan atas semua kebodohan saya itu.

Dengan muka penuh semangat dan kepalan tangan diatas, saya berteriak!! “Baik itu duka tetap harus saya jalani!! baik itu lama tetap harus saya jalani!! baik itu mengecewakan sekalipun tetap harus saya jalani sampai berhasil, titik!!” Dan tiba-tiba istri saya terbagun dari tidurnya dan bicara, “mas-mas sadar, sudah gila ya malam-malam gini teriak-teriak gitu. Gak enak sama tetangga tau” Upss.., saya lupa ternyata waktu itu sudah larut malam.. hihihihihihihi.

Dulu, saya berpikir bahwa bisnis itu mudah. Yang penting begitu ada peluang, hajar! ada peluang lagi, hajar! ada peluang lagi, hajar lagi! hingga ahkirnya, tanpa disadari saya sedang menjalankan banyak bisnis dengan niche yang berbeda.

Ada rental mobil, daur ulang limbah plastik, jual bahan bakar alternatif, jual beli saham, jual kaos distro, jasa percetakan, jual sovenir kayu jati, bisnis mebel, bisnis cucian motor, distributor air minum dan kontraktor kecil-kecilan. Coba Anda hitung, berapa banyak bisnis yang saya jalankan dalam waktu yang bersamaan? jumlahnya 11 soudara-soudara, hahahahahaha.

Awalnya saya berpikir, saya adalah pengusaha hebat. Tapi ternyata saya GR. Karena sebenarnya, 99.99% saya sedang menuju ambang kehancuran dan kata teman, sahabat dan sekaligus guru saya om Nippon (owner dari sediamesin[.]com) saya ini terjangkit “penyakit BADD”. Wow!! apakah ini semacam penyakit tumor atau kangker? Bukan soudara-soudara, ini adalah penyakit kejiwaan, karena bisa membuat Anda menjadi bangkrut kemudian stres dan mungkin menjadi gila, hahahahahaha. 

Jadi apa itu BADD? ada yang tahu? Menurut om Nippon, BADD adalah Boss Attention Deficit Disorder.. Semacam gangguan untuk memusatkan perhatian atau fokus yang dialami oleh para pengusaha yang super jenius. Buset!! berarti saya jenius dong.., GR lagi nih saya!! hahahahaha.

Penyakit ini seperti anak yang tidak bisa diam yang sangat mudah teralihkan fokus dan perhatianya oleh karena kreatifitasnya sendiri. Dan parahnya, intelegensinya dan kreativitasnya membuat otak selalu berfikir strategi dan konsep baru. Efeknya, perusahaan yang saya bangun menjadi gagal fokus dan singkat cerita, semuanya hancur lebur.

Tidak fokus! labil! tidak terukur! ngawur! yaaa benar, itu adalah saya.., “dulu”.

Saking banyaknya bisnis yang dijalankan, saya menjadi tidak fokus. Sangat labil melihat peluang-peluang usaha sehingga semua menjadi tidak terukur dan ngawur. Saya benar-benar tidak memahami konsep bisnis yang efektif, yang menuntut kefokusan yang tinggi dan mengerti kapan harus berhenti.

Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksut fokus itu? saya tidak tahu pasti apa pengertian dari fokus itu, tapi menurut saya fokus itu mungkin seperti yang dikatakan oleh legenda bela diri Bruce Lee berikut ini:

Saya tidak takut dengan musuh yang menguasi 10.000 jurus tapi hanya dilatih satu kali. Saya lebih takut dengan masuh yang menguasi 1 jurus tapi dilatih 10.000 kali

Statement Bruce Lee di atas benar-benar membuka mata saya lebar-lebar bahwa saya lebih mungkin sukses jika fokus menekuni satu bisnis terlebih dahulu dari pada menjalankan banyak bisnis dalam waktu yang bersamaan. Jadi intinya adalah FOKUS!!, FOKUS!! dan FOKUS!!

Setelah itu, apa cukup sampai disitu? Tidak!! Seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa konsep bisnis yang efektif adalah fokus yang tinggi dan mengerti kapan harus berhenti. Mengerti kapan harus berhenti? maksutnya gimana nih! katanya suruh fokus.. ya, memang konsep ini seperti berlawanan. Jadi begini maksutnya:

Saat ini saya sedang menjalankan usaha dibidang agribisnis. Saya memiliki portal infoagribisnis.com yang sudah memiliki +/- 20.000 pembaca aktif setiap harinya dan tokoagri.com yang membantu banyak pengusaha produk-produk pertanian untuk memasarkan produknya.

Saya benar-benar fokus dengan bisnis saya tersebut. Namun demikian, dalam perjalananya ada banyak halangan-halangan tertentu yang membuat bisnis saya tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Di sinilah konsep bisnis efektif berlaku.. “tahu kapan harus berhenti”

Agar Anda lebih paham apa yang saya maksut, berikut saya berikan kutipan dari salah satu mastah bisnis Robert Kiyosaki tentang konsep “tahu kapan harus berhenti”

Anda tidak mungkin bisa menambal ban kendaraan Anda yang bocor pada saat kendaraan Anda berjalan

Paham? Intinya saya harus mengerti bahwa terkadang saya harus mengatur “nafas” terlebih dahulu, memperbaiki apa saja yang jadi kendala dan hambatan saya. Kemudian bersiap untuk berjalan lagi layaknya seperti ban kendaraan yang bocor dan kembali berjalan setelah ditambal.

Cara ini terbukti efektif. Bisnis yang sedang saya jalani sekarang hanya menghabiskan modal tidak lebih dari 20% dari modal yang pernah saya keluarkan untuk membiayai ke 11 bisnis ngawur saya sebelumnya. Hasilnya? 300% lebih besar dari ke 12 bisnis saya sebelumnya, Alhamdulilah..

Berawal dari pemahaman dan pengalaman ini ahkirnya saya mengerti dan membuka fakta yang sangat banyak bahwa membangun bisnis tidak saja bermodalkan materi dan semangat yang mengebu-gebu. Banyak sekali yang harus saya mengerti dan pelajari seperti, penyusunan bisnis plan, menentukan segmentasi, menentukan target market, menentukan positioning, membuat strategi marketing dan masih banyak lagi.

Semua dikemas dalam bingkai kekomitmenan yang tinggi serta fokus dan tahu kapan harus berhenti seperti saat ini saya harus berhenti mengetik agar tidak berlanjut menjadi cerita yang panjang lebar seperti sebuah novel, hehehehe.

Baiklah teman-teman semua. Intinya, melalui situs belajarbisnis.net ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk belajar bersama, maju bersama dan sukses bersama demi hari-hari kedepan yang lebih baik. Apa yang saya bagikan di dalam artikel-artikel situs belajarbisnis.net ini merupakan pengalaman dan hasil dari belajar saya sekian lama di dunia kewirausahaan. 

Namun demikian, tidak ada gading yang tidak retak teman-teman. Dan oleh karenanya, mewakili keluarga gajah saya perlu menyampaikan bahwa tidak semua ilmu yang saya bagikan di sini bisa berjalan ketika Anda praktekan. Tapi dari sekian banyak ide, saya yakin pasti ada yang cocok dan bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

Saya tunggu kisah sukses Anda. Percayalah, dengan situs ini Anda akan menemukan jembatan emas untuk belajar bisnis dengan cara yang santai dan mudah dimengerti. 

Wassalamualaikum wr wb.

 

 

About - Belajar Bisnis


About - Belajar Bisnis