Breaking News
Halaman Depan / Head Line / 9 dari 10 Orang Lupa! Fungsi Marketing Adalah Untuk 3 Hal Ini!

9 dari 10 Orang Lupa! Fungsi Marketing Adalah Untuk 3 Hal Ini!

Betul memang pengertian dari marketing adalah cara menjual barang atau jasa. Oleh karenanya banyak orang hanya berfokus bagaimana cara menjual sebuah produk agar cepat laku dan habis saja. Memang tidak ada yang salah dari pemikiran tersebut. Karena marketing adalah menjual. 

Namun, pemikiran yang demikian seringkali membuat banyak orang hanya berfikir bagaimana cara menjual barang sebanyak-banyaknya dan melupakan sisi kesinambunganya. 

“Jam saya laku keras bro, lihat habis semua”. kata teman saya. 

Teman saya ini jual jam tangan sport keren kw dengan harga murah, Rp 1 juta. Padahal harga barang aslinya Rp 9,5 juta. Bentuknya sama persis sehingga banyak sekali yang suka dan membelinya. Tapi masalahnya, jam ini baru dipakai 1 bulan rata-rata sudah pada rusak dan sialnya saya salah satu pembelinya. hihihihihihi, jadi malu…

Memang kw sih.. tapi masak 1 bulan sudah rusak. Menyebalkan!

Harga Rp 1 juta yang tampak murah tersebut menjadi mahal karena baru 1 bulan dipakai sudah rusak. Penjualan memang meledak di awal tapi menghancurkan toko tersebut untuk selamanya. Karena konsumen kecewa, tidak percaya dan tidak mau kembali lagi.

Jadi, inilah contohnya apabila tidak memahami esensi sesungguhnya dari ilmu marketing. Betul teman saya ini mampu menciptakan penawaran yang begitu menarik dan dapat dipercaya. Tapi kalau setelah membeli konsumen pada kecewa saya pikir semua menjadi tidak baik bukan? 

Teman saya ini lupa bahwa marketing bukan saja menjual kemudian dapat untung. Marketing adalah menukar nilai tambah yang dimiliki ke pembeli sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin sehingga penjual untung pembeli juga untung. Ingat! pembeli juga harus untung, jangan hanya penjual saja yang untung

Karena manfaat utama dari Anda mempelajari ilmu marketing adalah bagaimana cara Anda menyampaikan penawaran produk Anda kepada target market secara tepat sehingga terjadi penjualan yang berkesinambungan. 

Intinya, Anda dapat dikatakan sebagai orang yang benar-benar jago marketing adalah ketika Anda mampu miningkatkan penjualan secara dramatis, besar, cepat dan juga menciptakan penjualan yang berkesinambungan.

Kalau cuma menjual saja tapi tidak bisa membuat konsumen Anda senang dan mau datang kembali maka ada yang salah dari cara Anda berjualan. 

Paham?

Selanjutnya mari kita break down lebih dalam lagi. Apabila Anda cermati penjelasan saya di atas, maka fungsi utama dari marketing adalah fokus kepada 3 (tiga) hal berikut ini: 

  1. Menjual pada target yang tepat.
  2. Menciptakan sebanyak dan sesering mungkin pembeli.
  3. Pembeli puas dan mau balik lagi (berkesinambungan).

Marketing adalah : Menjual pada target yang tepat.

Kalau saya menjual mobil BMW terbaru dengan diskon 50% dari harga normal dan bonus kursi pijat seharga Rp 50 jt plus tukang pijatnya tapi saya tawarkan kepada pengemis di jalan maka sampai dengan dunia kiamat bisa jadi mobil tersebut tidak akan dibeli.

Tapi kalau mobil ini saya tawarkan ke orang-orang berpendidikan baik seperti Anda, bisa jadi Anda adalah calon pembeli yang tepat. Sekalipun Anda sedang tidak punya uang. Anda bisa cari pinjaman dulu, karena Anda akan melakukan praktik makelar. Mobil Anda beli dan Anda jual lagi. Benar tidak? 

Atau Anda menjual obat diet kepada orang yang badannya kurus krempeng atau menjual obat gemuk kepada orang yang berbadan besar. Sudah pasti produk Anda juga tidak akan dibeli.

So, marketing adalah melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi dimana target pasar Anda berada.

Marketing adalah : Menciptakan Sebanyak dan Sesering Mungkin Pembeli. 

Ada 2 (dua) aliran pasti dalam dunia marketing. 2 aliran inilah yang dapat menjadi prinsip dasar Anda dalam menciptakan sebanyak dan sesering mungkin pembeli. Akan sangat panjang apabila saya jabarkan di sini. Oleh karenanya, penjelasan mengenai 2 aliran marketing ini saya tuliskan dalam artikel lainya. Anda dapat membaca dengan klik sini.

Marketing adalah : Pembeli puas dan mau balik lagi.

Marketing adalah UUD (ujung-ujungnya duwit), sepakat? kalau saya tidak!! Buat saya marketing adalah UUD (ujung-ujungnya data). Lho kok bisa? 

Inilah yang tidak banyak disadari orang. Untuk menciptakan pembeli yang berkesinambungan ada 4 syarat wajib yang harus Anda penuhi. 

  1. Produk Anda Berkualitas.
  2. Harga Anda Bersaing.
  3. Pelayanan Anda Rama dan Baik
  4. Punya Data Base Pembeli. 

Selain produk Anda berkualitas, harganya bersaing dan pelayanan Anda ramah. Penting bagi Anda untuk membangun komunikasi dengan pembeli Anda. Semisal Anda adalah pengusahan kaos distro. Wajib bagi Anda untuk mencatat identitas orang-orang yang pernah membeli koas distro Anda tersebut.

Kemudian, lakukan interaksi dengan mengirim pesan-pesan menarik secara berkala. Jangan terlalu sering supaya tidak menggangu tapi juga jangan terlalu lama agar mereka tidak melupakan Anda. Semisal 2 minggu sekali Anda memberi kabar tentang produk koas distro terbaru Anda. Anda dapat mengirim pesan:

“Lihat! Ini adalah kaos baru kami yang dipakai artis A. 10 pembeli pertama akan mendapat diskon khusus”

Interkasi yang Anda bangun secara baik dan tepat akan menciptakan pelanggan-pelanggan yang loyal. Pelanggan-pelanggan loyal ini tidak saja akan membeli produk Anda lagi tetapi juga akan merekomendasikan produk Anda ke orang lain, bukankan ini sangat gurih? 

Pernakah Anda mendengar / melihat / membaca berita tentang debat kusir antar penggemar smart phone I phone dengan penggemar smart phone Samsung Android? Atau perdebatan antar pengguna kamera Cannon dengan Nikon? kalau belum pernah, coba deh cari di google. Anda akan menemukan banyak sekali cerita tentang ini. 

Kira-kira apa yang bisa Anda ambil dari study case di atas? bukan perdebatanya, tapi inilah contoh pelanggan-pelangan loyal yang sampai-sampai mereka ribut sendiri karena berhanggapan bahwa produk yang mereka beli adalah yang terbaik. 

Jangankan merekomendasikan produk tersebut kepada bapaknya / ibunya / istrinya / anaknya / soudaranya / temannya / pacarnya / tetangganya. “Berantem” saja mereka bela-bela ini untuk menunjukan pada dunia bahwa produk yang dia beli adalah yang terhebat. Hemmm kadang saya tidak habis pikir, dibayar juga tidak. 

Tapi inilah kekuatan yang bisa Anda dapatkan kalau produk yang Anda jual benar-benar berkualitas dan interkasi dengan pelanggan terjalin dengan baik. Membangun data base sebenarnya seperti membangung kolam uang

Banyak Yang Lupa! Fungsi Marketing Adalah Untuk 3 Hal Ini!

Selain itu, dengan data base Anda juga bisa meminta testimoni positif dari banyak pembeli-pembeli Anda. Testimoni-tesmoni ini bisa Anda gunakan sebagai saran pengambilan keputasan bagi konsumen baru yang datang ke toko Anda.

Sssttt.. ngomong-ngomong tentang testimoni, saya punya trik bisnis yang menarik. “Cara mendapatkan testimoni GRATIS dari orang/artis terkenal” silahkan Anda baca di sini

Sekali lagi! jangan pernah lupa bahwa fungsi penting Anda belajar marketing adalah menjual pada target yang tepat, menciptakan sebanyak dan sesering mungkin pembelian dan membuat pembeli puas. Intinya kalau Anda untung pembeli juga harus untung. 

 

Tentang Wahyu Sumprabowo

9 dari 10 Orang Lupa! Fungsi Marketing Adalah Untuk 3 Hal Ini! - Belajar Bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 dari 10 Orang Lupa! Fungsi Marketing Adalah Untuk 3 Hal Ini! - Belajar Bisnis