Breaking News
Halaman Depan / Head Line / Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Produk Anda

Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Produk Anda

Coba Anda pikirkan, mau sehebat apapun produk Anda kalau calon pembeli tidak tertarik dan percaya, Anda mau apa? Tetap saja produk Anda tidak akan dibeli. Oleh karenanya selain penerapan kombinasi 2 aliran marketing secara tepat, Anda juga wajib menciptakan penawaran yang menarik dan bisa dipercaya.

Lalu Caranya bagaimana? ada 5 (lima) faktor yang mempengaruhi penawaran agar menarik dan bisa dipercaya. Esensi dasar dari kelima faktor yang mempengaruhi penawaran ini adalah memahami bagaimana manusia dalam merespon sebuah penawaran. Sekali saja Anda paham logika ini, membuat penawaran yang menarik dan bisa dipercaya akan sangat mudah sekali.

Untuk mempermudah Anda memahami materi artikel saya kali ini coba Anda banyangkan terlebih dahulu, kalau Anda menjadi pembeli kira-kira apa pertimbangan Anda dalam membeli sebuah produk?

Sudah Anda banyangkan? Kalau sudah, simpan banyangan Anda tersebut dan ikuti penjelasan saya berikut ini. Ketika orang menerima penawaran, dia akan bertanya pada dirinya:

  1. Apa yang Anda tawarkan?
  2. Apa manfaatnya?
  3. Berapa harganya?
  4. Kenapa saya harus percaya Anda?
  5. Kenapa saya harus beli sekarang?

Nah, inilah 5 faktor yang mempengaruhi penawaran Anda. Saya yakin kelima hal di atas sesuai dengan banyangan Anda. Benar tidak? Walapun tidak sama persis pasti salah satu atau salah dua masuk dalam kreteria Anda pada saat akan membeli sebuah produk. Baik, mari kita jabarkan satu persatu. 

#pertama dan #kedua

Kita mulai dari faktor yang mempengaruhi penawaran yang pertama dan kedua “apa yang Anda tawarkan dan apa manfaatnya”. Pengalaman saya, ke dua poin ini memiliki kadar 50% penentu keberhasilan Anda dalam menawarkan sebuh produk.

Berkali-kali saya menjual sebuah produk bahkan untuk kasus-kasus tertentu dengan harga yang super mahal dari harga semestinya, produk yang saya jual bisa laris manis. Kenapa? karena penawaran yang saya berikan benar-benar mampu membuat calon pembeli tertarik dan tidak sabar ingin membelinya.

Konsumen sudah tidak berfikir lagi berapa harga produk tersebut. Dia akan beli bahkan dalam keadaan tidak punya uang sekalipun dia akan berusaha untuk bisa membeli produk itu secepatnya.

Jadi, menawarkan sebuah produk harus benar-benar Anda pikirkan secara matang. Anda harus mengerti apa sisi keunggulan dari produk Anda tersebut dan apa manfaat nyata bagi konsumen.

  • Apakah “kenikmatan” yang Anda tawarkan lebih besar dari pada kesengsaraan yang mungkin akan timbul.
  • Apakah “nilai” yang Anda tawarkan lebih besar dari nilai yang harus dibayar oleh konsumen Anda.
  • Apakah “Perceived Value” yang Anda tawarkan lebih besar dari resiko yang harus dijalani oleh konsumen.
  • Apakah “Return on Investment” atau Keuntungan/ROI yang didapat dari investasi lebih besar dari nilai atau uang yang harus konsumen banyarkan.

#tiga

Faktor yang mempengaruhi penawaran yang ketiga Adalah “Harga”. Prinsipnya harga Anda harus bersaing. Tapi, pada kasus-kasus tertenu Anda bisa membuat harga lebih tinggi dari pasaran. Prinsip dasar dari cara ini adalah, Anda harus yakin bahwa produk Anda benar-benar punya sisi keunikan tersendiri dari produk lain yang sejenis. Dan berikan nilai tambah pada produk Anda. INGAT!! Cara ini tidak bisa diterapkan untuk semua kasus.

#empat

Poin yang keempat adalah “Kenapa saya harus percaya kepada Anda”. Sudah menjadi prinsip dimana-mana, kalau Anda kehilangan kepercayaan maka Anda akan mati. Sama halnya dengan dunia bisnis. Konsumen harus percaya kepada Anda.

#lima

Faktor yang mempengaruhi penawaran yang terahkir adalah “Kenapa saya harus beli sekarang”. Kalau konsumen Anda sudah tertarik dengan penawaran yang Anda berikan, sudah cocok dengan harga yang Anda tawarakan dan percaya kepada Anda maka langkah selanjutnya mengajaknya mereka untuk segera membeli sekarang juga.

Semisal, Anda bisa memberikan pesan bahwa produk ini hanya dijual 10 hari saja. Setelahnya kami tidak tahu lagi kapan akan menjualnya lagi. Atau pemberian diskon khusus untuk pembelian hari ini dan lian-lainya.

Bagaimana sampai disini ada pertanyaan? apakah Anda bisa memahami penjelesan saya diatas? Sejujurnya, banyak sekali orang yang mengalami kendala serius untuk membuat penawaran yang menarik. Namun demikian, percaya lah bahwa semua dapat Anda lakukan dengan mudah apa bila Anda paham dan sering mempraktekkanya.

Intinya!! Semua orang akan selalu menimbang antar negatif dan positifnya. Apabila Anda mampu memberi nilai manfaat lebih besar dari pada resikonya atau bahkan membuat resiko menjadi nol maka pembelian produk Anda akan tinggi.

Selain itu, dengan bekal 5 faktor yang mempengaruhi penawaran di atas, penawaran Anda akan lebih menarik dan dapat dipercacaya apa bila Anda membuatnya dengan 2 cara berikut ini:

1. Meningkatkan Perceived Value/ROI/Kenikmatan hal-hal positif.
2. Meniadikan atau mengurangi kesengsaraan/keberatan/resiko ataupun hal-hal yang negatif lainya.

Mari kita bahasa satu persatu..

Meningkatkan Perceived Value/ROI/Kenikmatan hal-hal positif

Cara termudah meningkatkan Perceived Value/ROI/Kenikmatan adalah dengan memberikan bonus ataupun undian berhadiah. Kunci dari pemberian hadiah ini adalah mencari hadiah yang mahal atau berkesan mahal yang Anda beli dengan harga murah meriah bahkan gratis dari pabriknya langsung atau grosir ataupun dari sponsor.

Menariknya dengan cara ini Anda bisa memberikan hadiah tanpa mengurangi margin penjualan Anda sedikitpun, bahkan dapat meningkatkan margin penjualan Anda. Tidak percaya? Ok saya kasih contoh.

Selanjutnya klik di sini >>>

faktor yang mempengaruhi penawaran by Wahyu Sumprabowo

Tentang Wahyu Sumprabowo

Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Produk Anda - Belajar Bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Produk Anda - Belajar Bisnis