Breaking News
Halaman Depan / Bisnis Online / Ini Dia Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ini Dia Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sebelum Anda saya ajak untuk berbicara bagaimana cara mendapatkan uang dari internet secara lebih mendalam, penting bagi Anda untuk memahami apa itu internet marketing terlebih dahulu.

Silahkan cari tempat duduk yang nyaman, ambil cemilan dan fokuskan perhatian Anda pada bagan di bawah ini: 

Bingung? tenang saya akan jabarkan satu persatu. Sesuai dengan bagan di atas, Internet marketing itu terbagi menjadi 2 bagian penting dan utama:

  1. Income Source atau sumber penghasilan
  2. Trafik Generation atau cara promosi

Kalau Anda ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet maka prinsipnya adalah mengawinkan 2 bagian penting Income Source dan Trafik Generation. 

Apabila Anda sudah bisa menemukan pola dari 2 kombinasi antara Income Source dan Trafik Generation maka Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat dan power full bagaimana cara mendapatkan uang dari internet.

Dengan kata lain wajib bagi Anda untuk mencari produk ataupun jasa yang sesuai dengan Anda dan memilih cara promosi yang pas untuk produk atau jasa Anda.

Saya kasih contoh:

Semisal Anda adalah orang yang menyukai otomotif. Maka memilih produk-produk otomotif barangkali akan sangat cocok untuk Anda.

Langkah berikutnya di mana dan bagaimana kira-kira cara Anda menjualnya? Jika dengan cara offline mungkin Anda bisa menjualnya dari bengkel-bengkel mobil kenalan Anda atau di event-event otomotif seperti ajang modifikasi mobil atau motor. 

Anda bisa mengemasnya dengan menciptakan penawaran produk yang begitu menarik dan dapat dipercaya sehingga orang mau membeli produk Anda. Ataupun putar otak mencari cara mendapatkan testimoni gratis dari orang-orang terkenal agar konsumen Anda lebih percaya dengan produk Anda ataupun cara-cara lainya. 

Berdasarkan analogi tersebut, tentu Anda bisa membayangkan:

  • Produk otomotif adalah Income Source
  • Bengkel mobil, event modifikasi, membuat penawaran, ataupun mencari testimoni positif adalah Traffic Generation

Dengan kata lain, apabila Anda bisa mengawinkan produk Anda dan cara promosi yang sesuai, maka Anda bisa menghasilkan uang.

INCOME SOURCE (Sumber penghasilan)

Sesuai dengan bagan yang saya berikan di atas. Dalam dunia online, sumber penghasilan (Income Source) sangat banyak sekali, bisa sampai berjuta macam produk yang bisa Anda jual.

Selain itu bisnis oline juga memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Cara kerja yang dimaksut adalah bagaimana Anda mendapatkan komisi atau penghasilan. 

Ada 5 bagian dasar bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda jadikan sebagai acuan : 

  1. Pay Per Lead
  2. Pay Per Sale
  3. Pay Per Click
  4. Menjual Produk Secara Mandiri
  5. Lelang atau Auction

Mari kita bahas satu per satu. Silahkan Anda baca pelan-pelan untuk mendapatkan pemahaman yang sempurna.

Pay Per Lead

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang pertama adalah dengan program affiliate pay per lead yang memberikan Anda komisi apabila Anda bisa memberikan data-data orang yang membutuhkan asuransi.

Jika Anda bisa mendapatkan data yang sesuai dengan yang mereka butuhkan maka Anda akan menerima komisi untuk setiap satu lead atau data prospek yang bisa Anda berikan untuk mereka.

Contohnya adalah MaxBounty dan Copeac.

Pay Per Sale

Pay per sale adalah program affiliate yang memberikan Anda komisi dengan persentase (%) tertentu yang sudah ditentukan oleh merchant atau vendor kepada anggota affiliate yang telah mendaftar. Cara gampangnya adalah apabila Anda bisa menjualkan produk mereka maka Anda akan mendapatkan komisi sekian persen (%) dari harga jual produk tersebut. 

Contoh paling terkenal dan terbesar untuk model affiliate ini adalah Amazon.com. Untuk lokal Indonesia Anda bisa dapatkan di Lazada.co.id atau zalora.co.id

Pay Per Click

Pay per clik adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang masih dengan model affiliate. Cara ini memberikan komisi kepada Anda berdasarkan jumlah klik yang bisa Anda dapatkan. Program pay per click yang paling terkenal dan paling banyak diminati banyak pelaku bisnis online adalah google Adsense.

Anda bisa mendaftarkan situs Anda kesana untuk mendapatkan iklan Adsense yang bisa Anda pasang di situs Anda. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan Anda tersebut, Anda akan mendapatkan komisi dari google. 

Menjual Produk Sendiri

Kalau yang ini Anda pasti tahu. Ya, menjual produk Anda sendiri melalui internet. Baik produk Anda bersifat fisik, jasa ataupun produk-produk digital seperti ebook, sofware ataupun game. 

Auction atau Pelelangan

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang terahkir adalah auction atau lelang. Tempat pelelangan yang paling terkenal adalah Flippa dan eBay.

Pertanyaanya sekarang, cara yang mana yang akan Anda pilih? Pada dasarnya 5 pilihan di atas, semuanya menguntungkan dan tidak sedikit para pelaku bisnis online yang menjadi kaya raya dengan hanya memilih salah satu dari bagaimana cara mendapatkan uang dari internet di atas. 

Saran saya, silahkan pilih salah satu saja yang sekiranya cocok untuk Anda dan fokus hingga menjadi ahli dan raja di salah satunya.

Jika Anda sudah sukses baru melakukan scalling atau pelebaran ke jenis bisnis online lainya. 

INGAT!! Legenda bela diri Bruce Lee pernah mengatakan: “Saya tidak takut menghadapi musuh yang menguasi 1000 jurus tapi hanya dilatih 1 kali. Saya lebih takut menghadapi musuh yang menguasi 1 jurus tapi dilatih 1000 kali.”

Stemen Bruce lee di atas sangat penting Anda resapi maknanya agar Anda benar-benar mengerti bagaimana menjalankan bisnis secara efektif.

Sampai di sini ada yang mau ditanyakan dulu? kalau ada, silahkan kirim pertanyaan Anda melalui form isian di bawah artikel bagaimana cara mendapatkan uang dari internet ini.

Jika tidak ada silahkan klik di sini untuk melanjutkan membaca artikel ini. Kita akan masuk pada pembahasan bagian ke dua dari internet marketing yaitu Trafik Generation atau cara promosi

sumber bagaimana cara mendapatkan uang dari internet: asianbrian

 

Tentang Wahyu Sumprabowo

Ini Dia Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet - Belajar Bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet - Belajar Bisnis